Home » Social Network » Penyejuk Hati: KOLOR INI & REPUBLIK MULTINESIA

Penyejuk Hati: KOLOR INI & REPUBLIK MULTINESIA

Blog Stats

  • 2,052,837

PERLINDUNGAN HAK CIPTA

Lisensi Creative Commons

Adab Merujuk:
Boleh menyebarluaskan isi blog ini dengan menyebutkan alamat sumber, dan tidak mengubah makna isi serta tidak untuk tujuan komersial kecuali dengan seizin penulis.
=====
Plagiarisme adalah penyakit yang menggerogoti kehidupan intelektual kita bersama.

Follow me on Twitter

Bila Anda merasa blog ini bermanfaat, silakan masukkan alamat email Anda untuk selalu mendapat artikel terbaru yang dikirim melalui email.

Join 5,852 other followers

Berawal dari komentar mbak Yella di rumah baruku di jurnal ini, dan kemudian jurnal tersebut dimuat pada Posts of the Week #4 dalam sebuah blog komunitas yaitu KOLOR INI, akhirnya saya mengenal adanya Komunitas Blogger WordPress.com Indonesia.

Sebelum berkenalan lebih jauh tentang komunitasnya. Di jurnal ini, saya ingin memperkenalkan kepada Anda semua tentang blog KOLOR INI. Biar tidak salah dalam memberikan penjelasan, maka saya kutip saja perkenalannya yang ada di halaman “about”:

KOLOR INI, singkatan suka-suka dari KOmunitas bLOgger wordpRess.com IndoNesIa, digerakkan oleh makhluk-makhluk yang percaya bahwa dalam blog Anda ada masa depan bangsa Indonesia. Kami melihat bahwa dalam blog ada pertukaran ilmu, pengalaman, dan pemikiran. Bagi kami blogging adalah cara mencerdaskan yang menyenangkan dan kami ingin setiap blog anak bangsa β€” khususnya yang di WordPress.com β€” bisa terus berkembang. Karena semakin berkualitas blog Anda, semakin berkualitas pula bangsa kita.

Jika Anda merasa senafas dengan kami semua di KOLOR INI dan ingin memberi sumbangsih bagi dunia blogging Indonesia, dengan senang hati kami akan menyambut Anda sebagai kontributor, editor, dan penulis. Sila isi formulirnya di sini.

Panduan dan trik blogging adalah menu utama KOLOR INI di samping berita-berita seputar WordPress.com Indonesia, dan inspirasi untuk membantu Anda tetap dan terus menulis. Setiap hari kami juga berburu artikel-artikel orisinil, yang mendidik, yang menghibur, untuk difitur dalam Posts of the Week yang muncul setiap Kamis sore. Jika tak ingin tulisan terbaru Anda yang berkualitas terlewatkan oleh tim peramu Posts of the Week, sila daftarkan blog Anda di sini.

******

Ayo, bagi kawan-kawan yang sudah mempunyai rumah baru di Kampung Wipi (blog WordPress), mari bergabung bersama Komunitas Blogger WordPress.com Indonesia. Caranya mudah, awalnya cukup dengan mem-follow blog KOLOR INI agar makin familiar dengan fitur-fitur yang disediakan oleh wordpress.com. Biar gak kelamaan gagap wipi πŸ™‚ Kemudian, bila ingin lebih mewarnai lagi, mereka juga senang menyambut kita sebagai aktivist KOLOR INI.

Melihat arsipnya, sepertinya blog komunitas ini masih baru dibikin, Juli 2012, tentunya masih panjang perjuangannya untuk menjadikannya lebih informatif, sesuai dengan tagline-nya: KOLORing YourBlogging Stuff. Jadi, mohon dimaklumi dengan segala kekurangannya. Thanks, buat para admin dan perintis, keep up the good work.

[Update]:
Kolorini juga mengelola situs untuk menjawab permasalahan – permasalahan teknis seputar WordPress juga bahasan non-teknis misalnya tempat kopdar, tempat nongkrong yg paling asyik, dll, di sini:
http://id.forums.wordpress.com/

Silakan kunjungi dan manfaatkan forum itu dengan baik.

Itu info sekilas tentang KOLOR INI dan Forum WP Indonesia.

Lantas yang tidak tinggal di Kampung Wipi gimana supaya bisa ngumpul bareng-bareng lagi?

Just update info:

Sejalan dengan itu, sebuah komunitas yang juga akan mencoba menyatukan semua ex-blogger Multiply yang ada di berbagai platform blog kini sedang dalam tahap pembangunan sistem social networking site-nya. Komunitas itu bernama REPUBLIK MULTINESIA. Berita perkembangan pembangunan sistemnya di sini:

http://bimosaurus.multiply.com/journal/item/900/Pangayem-Ati

Mari kita do’akan agar proses penyiapannya lancar, dan bisa di launching tepat waktu. Buat yang jago programming, silakan menghubungi dan berkoordinasi langsung dengan Mas Bimo(saurus) bila ingin membantu pengembangan sistem aplikasinya, baik dalam hal developing maupun analisa dan tes sistem-nya. Mas Bimo ini adalah key person dalam pengembangan sistem aplikasi social networking site yang baru ini. Beliau mengatakan: “… situs ini nantinya kayak kota. Boleh ada penghuni, boleh ada pasar, yang penting ramah lingkungan…”.

Sekian info dari blog Fight For Freedom
Semoga bermanfaat.
Iwan Yuliyanto

Advertisements

34 Comments

  1. Agamfat says:

    Mantap juga ada komunitas wipier. Moga moga seaktif mpid

  2. budiscyan says:

    udah saya follow mas, πŸ˜€ masih gaptek juga di WP tapi mudah-mudahan bisa lebih tenang tinggal di sini.

  3. hujanmeteor says:

    LAh, aku kok gak bisa klik daftar blog ya? Page not found tuh. :3

    • Memang sepertinya masih underconstruction, jadi masih booking page URL-nya πŸ™‚

      Dari menyimak perbincangan para admin di sana, mereka masih fokus nerangin fitur-fitur WP ke dalam bahasa Indonesia. Maklum masih baru, jadi belum semuanya kesentuh. Awalnya yg aktif adminnya 2 orang, sekarang adminnya 3 orang.

      Nanti kalo sudah update, akan ada pengumuman lagi.

      Dan ini penjelasan dari mbak Yella di postingan Multiply ku:

      Seperti dijawab Mas Iwan, KOLOR INI baru dibuat Juli 2012 dan masih under construction. Dan formulir pendaftaran blog kami pandang sebagai fasilitas yang nggak terlalu penting (karena tanpa mendaftar pun kami bisa menemukan Anda di WordPress.com) jadi kita urus bagian-bagian yang lain dulu.

      Ada pertanyaan lain tentang KOLOR INI?

      Untuk sedikit membantu kawan-kawan yang sedang migrasi dari kerajaan Multiply ini ke WordPress.com: jangan malu bertanya, jangan ragu minta bantuan. WordPress.com punya banyak Happiness Engineer yang akan tidak akan happy sebelum Anda happy.

      Selamat mengurus rumah baru! πŸ˜€

    • hujanmeteor says:

      Makasih mas, tentunya menarik sekali bisa ikutan KOLOR. Selain bikin semangat posting, sapa tau juga dapet merchandise kolor.. #ehhh

    • Asyik juga ya kalo ada acara kopdar blogger wp, trus ada hadiah merchandise kolor beneran πŸ˜€

  4. Ailtje says:

    Aku pusing belajar WP, belum terbiasa aja sih. Jadi curcol.
    Republik Multinesianya berita baik sekali!

    • Santai aja, mbak Ailtje, mari kita tanggung pusingnya bareng-bareng, karena sama-sama newbie πŸ™‚

      Memang kalo sudah terbiasa dan familiar dg fitur-fiturnya jadi mudah mengelolanya kok. Bila mbak Ailtje ada masalah, di situ saya kasih link forum WordPress.com Indonesia buat tanya jawab hal-hal teknis & non-teknis di seputar WP dan aktivitasnya.

  5. wetwetz says:

    Masih bingung sama wp, dikit2 belajar mudah2an nyaman disini barengan sama temen Ex MP

  6. “Panduan dan trik blogging adalah menu utama KOLOR INI di samping berita-berita seputar WordPress.com Indonesia”
    lha, kalau saya tulisannya ga da tentang panduan dan trik blogging, itu gimana ya?

    • Maksudnya gimana ya? kok saya bingung dengan pertanyaannya πŸ™‚

      Kalo KOLOR INI (kolorini.wordpress.com) menyajikan panduan dan trik blogging, plus berita-berita seputar WordPress.com

      Sedangkan kita ya silakan bebas nulis apa saja sesuai passion kita menulis, misalnya tentang bisnis, tentang parenting, tentang perjalanan, tentang spiritual, resep masakan, dll.

  7. odex1987 says:

    Reblogged this on myelectricaldiary and commented:
    Mari berkarya πŸ™‚

  8. Tfs. Tertarik, pak. Insya Allah segera follow. Cuma kok singkatannya “kolor” ya. Konotasinya itu lho… :-))
    Btw, meski masih tergagap dan tertatih dalam mengelola WP, tapi ternyata trafficnya juga sibuk lho. Saya kaget saat menjumpai pengunjung blog saya di hari tersibuk ternyata mencapai 145 orang! Padahal rumah ini baru sebulan dihuni. Dan belum pernah saya alami di MP. Semoga dengan langkah kecil ini kita bisa memberikan sumbangsih untuk Indonesia!

    • Sesuai dg tagline-nya: KOLORing Your Blogging Stuff.
      Sepertinya disesuaikan dg lidah pribumi ya πŸ™‚

      Alhamdulillah, ada peningkatan traffic di rumahnya bu Dr. Prita. Itulah kelebihannya WP, secara rank global menurut Alexa berada di posisi 20, sedangkan Multiply berada di posisi 450an. Jadi, kalo ke index di google, maka jelas WP lebih terdepan tampilnya.
      Saya senang membaca tulisan / sharing bu dokter di seputar dunia kesehatan. Insya Allah nanti saya masukkan ke dalam “Recommended Blog”, saat saya sempat menata ulang tampilan rumah ini.

  9. Faraziyya says:

    siip banget nih infonya.
    makasih pak πŸ™‚
    ngga nyangka wp indonesia bisa rame juga
    hehhe
    perkembangan yang bagus ini mah d^^b

  10. odex1987 says:

    waaahhh.. keren niiihhh…
    moga aspirasi kita bisa ngumpul dan mewarnai dunia blog πŸ˜€

  11. thetrueideas says:

    katanya si Meg, ada http://www.ning.com tuh yang menyerupai MP (but bayar yah kayakna…)

    • Saya juga baca di forum itu, mas.

      Mas Syamsul sudah nyoba?
      Kalo saya belum.

      Oiya, yang dulu Mas Syamsul perkenalkan Thought.com itu bagus gak, mas?
      Tapi saya sudah terlanjur jatuh hati sama WP πŸ™‚

    • thetrueideas says:

      thought lumayan juga kok, masalahnya passion social networking ama bloggingnya, besar mana? hehe…

    • Betul… betul… ini jawaban yg cukup bijak menurutku πŸ™‚

      Jadi, tergantung tujuannya: apakah lebih cenderung untuk ber-social networking atau cenderung nge-blogging. Barulah bisa menilai.

    • umarfaisol says:

      Saya ikut nimbrung di sini mas Iwan πŸ™‚ Untuk Thoughts cukup bagus dan tak ada iklan, namun komunitasnya tidak bisa universal seperti WP yang tulisannya dapat dikomentari dari berbagai platform blogging. Ini merupakan kelebihan WP yang dapat menyatukan berbagai platform blogger.
      Thoughts lebih mirip MP yang hubungannya tertutup sesama member dan fitur notifikasinya lebih bagus dari WP (saat ini). Oya di Thoughts saya belum melihat ada batasan kapasitas, masih unlimited.

    • Terimakasih, pandangannya, Mas Umar.
      Thought sepertinya memang lebih mementingkan unsur blogging-nya dibanding social networkingnya.
      Untuk materi penulisan buku yg belum dipublikasikan lebih direkomendasikan pake Thought ya, karena bisa disetting akses-nya spt MP.

  12. ayanapunya says:

    udah difolo πŸ™‚

Mari Berdiskusi dan Berbagi Inspirasi. Terimakasih.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Let me share my passion
My passion is to pursue and share the knowledge of how we work better with our strengthen.
The passion is so strong it can do so much wonder for Indonesia.

Fight For Freedom!
Iwan Yuliyanto

Kantor Berita Umat

%d bloggers like this: